Jumat, 01 Mei 2009

Ngiiiileerrrrr.......

Pada “Era Kriminal Baru”...Salah satu cerita diatas bis kota pada saat di awal-awal saya bekerja di ibukota. Setiap pagi pukul 7 tepat, saya selalu berangkat bekerja dari terminal bis Rawamangun. Di saat itu saya selalu mangambil trayek dengan nama NE-2, sebuah bis hijau yang sangat khas sekali bentuknya, dihiasi dengan tulisan-tulisan kanji didalamnya...hmm mungkin dulunya bekas bis kota di jepang kali yaaa....tapi tahun tujuh enam....hahahaha....

Dari sehari-hari pengalaman saya berangkat menggunakan moda angkutan umum sebenarnya saya melihat, bahwa manusia-manusia di Ibukota ini sangatlah kreatif dalam mencari penghasilan, kadang-kadang kita tersenyum melihat kreatifitasnya, namun kadang-kadang juga sebel dan ngeri juga...
Seperti misalnya pada suatu pagi ketika saya menumpang di bis NE-2, tak lama setelah bis meninggalkan terminal Rawamangun, naiklah seorang pemuda kurus, berambut panjang agak gimbal bergaya seorang seniman.....Kemudian dengan pede nya dia mulai berkata ”Bapak-bapak, ibu-ibu, dan mbak-mbak semua....perkenankan hari ini saya membacakan puisi untuk bapak-bapak, ibu-ibu, dan mbak-mbak semua....semoga dengan puisi ini hidup bapak, ibu dan mbak hari ini menjadi lebih bersemangat!!!Amin...

Puisi saya berjudul ”Ngiiiilerrrrr” (Hah?gak salah tuh judulnya dalam hati saya??)....lanjut kemudian dia berkata
”Saya nggak Ngiiler ngeliat pak kondektur duitnya banyak...Saya nggak Ngiiler ngeliat mbak-mbak dibelakang itu cantik banget (dengan gaya cueknya sambil nunjuk orang dibelakang, yg tentu saja membuat semua orang noleh ngeliat ke mbak-mbak itu)...Saya nggak Ngiiler ngeliat sepatu bapak ini bagus banget...Saya juga gak Ngiiler ngeliat semuanya pada wangi-wangi.... Saya cuman Ngiler kalo tidur saya miring”...(Gubrak!!! Capeee deee)...

Trus dengan cueknya dia kelilingin semua penumpang bis dengan bungkus permen kosong untuk minta duit.....Ada-ada aja....
Lain waktu di sore hari, di saat bis udah penuh sesak, dan orang-orang pada capek pengen cepet pulang, tiba-tiba dengan semangat 45 ada seorang yang ngakunya salesman buku loncat ke dalam bis, dan dia mulai dengan ”sales talk” nya (yang mungkin udah ke 27 kali hari itu)...begini kira-kira ”Selamat sore ya bapak-bapak, ibu-ibu, dan adik-adik sekalian...kami dari PT Gramedia Jl Palmerah No.10 ingin menawarkan sebuah kamus lengkap bahasa Indonesia, yang sangat komplit serta terjangkau buat anda-anda sekalian bla..bla..bla, sekali lagi ya bapak-bapak, ibu-ibu, dan adik-adik, kamus lengkap bahasa Indonesia terbitan PT Gramedia Jl Palmerah No.10, mari dibeli untuk kemajuan bangsa ini...setelah selesai dengan sales talknya tersebut tiba-tiba dia berteriak ”Yak bapak yang dibelakang mau beli satu ya, baik pak sebentar saya akan segera kesana”.

Hah? Udah ada yang beli?? Spontan aja semua yang tadi capek, & lemes ngeliat kebelakang karena penasaran...sapa sih yang mau beli?? Tentunya ya nggak ada yang mau beli sepertinya...
itu tadi ternyata cuman strateginya dia untuk menarik perhatian orang-orang yang udah gak konsen dengan sales talknya dia....

Dari sini sebenarnya menurut saya, salah satu konsep dasar berjualan adalah menciptakan sebuah gejolak, keunikan ataupun keterperangahan seseorang...Dari pembaca puisi dan penjual buku yang menggunakan sesuatu yang simple tapi membuat semua orang mendengar dan memperhatikan karena keunikannya sehingga harapannya kita akan bersedia membelanjakan sesuatu atau membeli sesuatu dari mereka...hmmm cerdik juga & kreatif tentunya....
Jadi inget salah satu iklan seluler yang mau ”kawin sama kambing”...pada terperangah kan...trus naik kan awarenessnya iklan sama providernya???

"God give me your strength to create a uniqueness"

5 komentar:

yessy muchtar mengatakan...

Wahhh..
emang dulu tinggalnya di mana? Kok sampe terminal bus Rawamangun? Bus NE 2? hihihi aku tinggal di Cempaka putih. jadi nama nama yang kamu sebutkan barusan sangat familiar ditelingaku.

Kalo masalah seniman dan pedagang jalanan...beuhh..jangan di tanyaaa..kreatiff benerrr..

Pernah gak dapet orang yang bawa puisi judulnya Lapar. Jadi sepanjang puisi itu, dia cuma teriak teriak Laparr...Laparrr...saya laparrrrr...

Yeeeeeeeeeee....kalo laper ya makannnnnn!! susah bener! hehehehehe

Hihihihi..baiklah..sekian sampah pertama dari saya. Besok besok boleh nyampah lagi kan?? ;)

eh eh ..sampe lupa bilang ...salam kenal..hehe


Salam kenal ya pakkkk...

A Decent Criminal mengatakan...

@yessy: thanks for coming..finally..hehehe..dl saia tinggal di komperta jatirawamangun,tp sekrg udh pindah...lam kenal juga, kita saling mengunjungi ya

Anonim mengatakan...

Kesimpulan yg bagus di akhir postingannya ! Saya kira posting keseharian saja ternyata ada poin yg bisa diambil :) nice post,
Salam
EKA

A Decent Criminal mengatakan...

@ceritaeka: thanks for the comment...ordinary event, sometimes show some decent practice

nh18 mengatakan...

Hahahaha ...

Gua cuma numpang ketawa disinih ...

ade ade aje nih ...

Salam saya