Minggu, 03 Mei 2009

3 Juta...

Pada “Era Kriminal Baru”...Customer Satisfaction...apaan sih itu?kata-kata yang selalu diagungkan perusahaan-perusahaan besar, abis menurut mereka percuma deh elo punya barang bagus, tapi orang-orang gak seneng dengan service yang elo berikan...apalagi kalo yang loe jual adalah jasa...jasa apa? Ya macem-macem...jasa nginep, jasa nganter, jasa wisata, jasa perpanjangan stnk, ampe.....jasa pijet...hahahaha... Tapi bukan berarti perusahan bukan penjual jasa tidak menjunjung tinggi customer satisfaction lho ya....

Di negara Inggris sana, hampir semua perusahaan punya yang namanya call center, and u know what?? Hampir semua perusahaan besar call centernya bukan di Inggris sendiri...lhah trus dimana??? Di India...coba, niat banget kan, gak papa deh jauh, yang penting murah dan Customer Satisfaction bisa tercapai (*kenapa kok India?secara orang India mostly bahasa Inggrisnya lebih pinter dari orang Indonesia :p)...

Gimana nih dengan Indonesia? Hmmm...saya tidak dalam posisi untuk menilai secara umum, mungkin yang mbaca bisa menarik kesimpulan sendiri-sendiri berdasarkan pengalaman masing-masing kali yaa...cuman ada sedikit kisah yang bisa dijadikan perenungan disini...

Temen saya, sebut aja Paijo gitu ya..kerjaannya menuntut dia selalu berkeliling dari satu kota ke kota lain...selama perjalanannya di kota-kota tersebut, tentunya dia butuh akomodasi dong...sukurnya semua udah ditanggung perusahaan, jadi tinggal dateng ke hotel sebut nama, dapet deh tuh kunci kamar...cuman meskipun sudah ditanggung oleh perusahaan, pihak hotel tetap meminta jaminan, yang biasanya cukup dengan gesekan credit cardnya Paijo....Masalah?? tentu tidak, kan cuman buat jaminan aja,yang penting gak ngambil apa-apa di kamar, pas check out credit card statement sementara tadi disobek sama pihak hotel dan selesai...

Sampai suatu hari, Paijo menginap di hotel lagi, dan credit cardnya di gesek lagi, dan ternyata...DiTolak...lho kok? Katanya pihak hotel ditolak dari banknya alias lewat limit...kekeke Paijo panik, soalnya dia gak ngerasa pernah ngebelanjain tuh credit card, karena emang udah disiapin khusus buat perjalanan dinasnya...

Kemudian menelponlah Paijo ke Call Center pihak Bank (Gak di India lho ya..),dan diberikan sebab bahwa Paijo memiliki transaksi yang menggantung sebanyak 3 Juta, dengan tanggal yang berbeda-beda….Hah? transaksi apaan tuh? Ternyata setelah dia inget-inget itu adalah hasil gesekan jaminan-jaminan yang diminta hotel (Hotel Bintang 5 lhoo ini...)...Hampir Sebulan Yang Lalu!!!Gila kan? Gak pernah transaksi tapi duitnya ketahan segitu banyak ampir sebulan?? Minta dibatalinlah Paijo kepada Call Center Banknya....What Did They Say? “Konfirmasi aja Pak, ke Hotelnya, minta dibatalin”…Hmm Baeklah kata Paijo…Kemudian dia nelpon Hotelnya Dong…Tau Gak Kata pihak hotelnya?? “Pak Dibatalin aja ke Pihak Banknya”….What!! yang salah siapa sih ini sebenarnya…

Pertanyaannya adalah Jasa Apa Sih Yang Mereka Jual??? Jasa Untuk Nyuruh Orang Ngurus Sendiri kali Yeee…Yang Paijo Sendiri Bingung mo Marah Sama Sapa…
Kesiian deh elo….Kesiiian deh Indonesia……

“Move Forward Indonesia, Others already Ahead Of You”

10 komentar:

THE AFDHAL mengatakan...

halah 3 juta wae ribut...
ingat tuh 35 juta aja nyante :)
piss bang

A Decent Criminal mengatakan...

@afdhal: yg jd masalah bukan nilainya om, tp muangkelee....hehehe

Alberto-the bro neo- mengatakan...

kang... yg 35 tuh jatuh temponya kapan?
ntar over limit lho?

A Decent Criminal mengatakan...

@broneo: hanya tukang bajaj & Tuhan YME yang tau...

Anonim mengatakan...

Pake Kartu Kredit apaan tuch ?
Mau tahu Kartu Kredit apa aja yang okeh ?
Boleh email ke saya, hampir semua kartu kredit udh pernah saya pake jadi tahu bener servisnya kayak apa.

Moso ampe sebulan... mana abis itu disuruh urus sendiri lagi hehehe kasian bener.

A Decent Criminal mengatakan...

@ceritaeka: pake bank yang jadi salah satu sponsornya F1 ka', boleh dong diemail ke aku di adecentcriminal@gmail.com...thanks ya

nh18 mengatakan...

HHHmmmm ...

Omset my pren ...
Omset ... !!!

Serpis ... ???
What kind of word is that ???
Do we really know that ??

(hehehhee)

A Decent Criminal mengatakan...

@nh18: Alhamdulillah yang ditunggu-tunggu akhirnya dateng jg...udh tau kan om sekrg? hehehe..om mohon ijin blognya saya masukin kedalem list saya ya...thanks

yessy muchtar mengatakan...

Mm..aku kerja di bidang jasa Bang. menjual jasa tepatnya.

Jadi kalo bicara service...ffuuiichhh..tarik nafas panjang, bayangin ya bang..bayangin...aku mesti rela dipajang disebuah miting cuma gara gara kliennya bule *PLAKK 1* Udah gitu mesti bersedia ol 24 jam hpnya kalo ada barang barang ketahan dibea cukai..*PLAKK 2* dan yang paling parah...mesti beramah ramah ria sama bapak bapak botak dan ganjen..untungnya gak pernah lebih dari sekedar ramah...mberr...sok sok manis..sok sok ramah..demi project yang akan mereka berikan kepadaku...*PLAKK 3*

Udah panas belum bang?? hihihihi curcol niyyy....

A Decent Criminal mengatakan...

@yessy: hahahaha bagus deh kalo standar kepuasan pelangganmu udh bisa sampe Nge "PLAKKK" gitu...berati udah lulus ISO 10007 tuh...